Tinjauan Lapangan Rekomtek Pemanfaatan Ruang Sumber Air untuk Konstruksi

20171006_102100

Kegiatan peninjauan lapangan rekomendasi teknis (Rekomtek) ke Kawasan Tambelan Sampit & Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur bertujuan melihat kondisi secara langsung rencana pemanfaatan ruang sumber air untuk konstruksi oleh pemohon yaitu Direktorat Jenderal Cipta Karya, Jumát (6/10/2017).

Tinjauan lapangan ini dipimpin oleh Ketua Rekomtek BWS Kalimantan I, Ir. Rizal, MT yang didampingi anggota Agus Budiman, ST, serta staf unit Rekomtek BWS Kalimantan I.

Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya telah melaksanakan berbagai upaya yang salah satunya melalui peningkatan kualitas permukiman kumuh secara nasional dalam rangka mencapai target utama berkurangnya kawasan permukiman kumuh hingga 0% di tahun 2019.

 

 

tambelan sampit

Doc. BWSK I – Tinjauan Lapangan Rekomendasi Teknis Pemanfaatan Ruang Sumber Air di Kawasan Tambelan Sampit Kecamantan Pontianak Timur

 

 

Kawasan Tambelan Sampit & Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur merupakan tipologi permukiman di atas air. Kawasan Tambelan sampit dan Banjar Serasan berlokasi di sekitar komplek Keraton Kadariyah dan kompleks Masjid Agung. Kawasan permukiman ini merupakan rangkaian kawasan permukiman pertama yang terbentuk di Pontianak. Awal mula permukiman di Kota Pontianak terbentuk di sepanjang Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Keberaadaan Sungai Kapuas pada masa itu menjadi sangat vital dan bisa dikatakan menjadi pusat kegiatan masyarakat. Seiring waktu keberadaan sungai menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan bagi tumbuh dan berkembangnya kota. Daerah ini memiliki beberapa potensi yang dapat dikembangkan untuk menjadi daya tarik guna meningkatkan citra wajah kota. Salah satu kegiatan peningkatan kawasan pemukiman guna meningkatkan keindahan pinggiran sungai Kapuas yakni pembangunan water front.

IMG-20171004-WA0008

Doc. BWSK I. Kegiatan Ekspose

Sebelumnya telah dilaksanakan ekspose kepada tim pengelolaan perizinan yang terdiri dari kepala BWS Kalimatan I, pejabat yang berwenang dan para tim pengelola perizinan serta Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Barat, ekspose dilakukan dengan maksud untuk menjelaskan secara teknis proses pemanfaatan ruang sumber air yang akan digunakan.

 

print
Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X