Koordinasi Kegiatan IPDMIP Provinsi Kalimantan Barat

IMG-20181018-WA0009

Integrated Participatory Development & Management of Irrigation Program (IPDMIP) adalah program pemerintah yg bertujuan meningkatkan hasil tani dengan didukung perbaikan di segala bidang, seperti saluran irigasi/irigasi rawa (fisik) dan kelembagaan (non fisik). Sumber dana menggunakan pinjaman luar negeri dengan sistem reimburse dengan syarat beberapa indikator yang telah ditentukan (DLI) tercapai. Program ini dilaksanakan oleh berbagai instansi pemerintah seperti KementerianPUPR, Bappeda, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, termasuk beberapa BBWS/BWS & Pemda di seluruh Indonesia yang wilayahnya dilaksanakan kegiatan IPDMIP.
Salah satu langkah awal kegiatan IPDMIP di BWS Kalimantan I adalah pelaksanaan kegiatan paket konsultansi SID Rehabilitasi DIR, baik DIR kewenangan Pusat maupun Provinsi dan Daerah. Namun dalam pelaksanaan, permasalahan tidak dapat dihindari. Salah satunya perbedaan lokasi DIR yang digunakan oleh BWS Kalimantan I dalam pelaksanaan lelang konsultan, dengan lokasi DIR yg diharapkan oleh pihak Kabupaten (akibat revisi lokasi).

Tujuan kegiatan tersebut meliputi :

1. Memperkenalkan konsultan-konsultan dari BWS Kalimantan I kepada instansi-Instansi di daerah yang juga memiliki kepentingan terhadap DI/DIR yang diintervensi IPDMIP.

2. Menemukan kata sepakat terhadap lokasi-lokasi mana saja yang akan dilakukan SID Rehabilitasi, agar desain yang dibuat BWS Kalimantan I sesuai dengan yang diharapkan Kabupaten dan dapat digunakan.

3. Mengetahui progres kegiatan IPDMIP yang telah dilakukan instansi-instansi selain BWS Kalimantan I.

4. Mengetahui jika ada suatu kondisi yang perlu menjadi perhatian khusus bagi konsultan/BWS Kalimantan I.

Hal-hal  yang perlu menjadi perhatian dalam menentukan lokasi DI/DIR:
1. Luas baku (total) dan luas yang direhab, diharapkan tidak lebih besar daripada luas lokasi DIR semula.

2. Tidak dilakukan kegiatan yang bersumber dana selain IPDMIP, contoh kegiatan DAK.

print

Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X