Workshop Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019

image3

Workshop Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 dilaksanakan oleh BWS Kalimantan I untuk mendapat berbagai data dan informasi terkait dengan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus di masing-masing Satuan Kerja dan di Daerah yang menerima DAK mulai dari aspek teknis, aspek manajemen, maupun dari aspek kelembagaan sebagai masukan kepada Pemerintah Pusat untuk menyusun Kebijakan dan Perencanaan Dana Alokasi Khusus di tahun berikutnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 19 s/d 20 September 2019.
Adapun materi yang disampaikan yaitu Evaluasi DAK Bidang Irigasi 2018, Pelaksanaan DAK Bidang Irigasi 2019 dan Arah Kebijakan DAK Bidang Irigasi 2020 oleh Dedy Setiawan Ritonga, ST, MM, MPSDA ( Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ).

Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DAK) adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional khususnya untuk membiayai kebutuhan prasarana dan sarana Infrastruktur masyarakat yang belum mencapai Standar Pelayanan Minimal dan Norma Standar Pedoman dan Kriteria atau untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan solusi dari minimnya anggaran daerah untuk membangun infrastruktur. DAK merupakan dana yang berasal dari Pemerintah Pusat yang diberikan ke Pemerintah daerah untuk digunakan pada kegiatan yang merupakan kewenangan daerah, namun menjadi prioritas nasional.

Untuk itu, Pemerintah Daerah perlu diarahkan dalam menyusun program-program DAK yang harus terpadu dengan program dari Pemerintah Pusat.

Ketentuan mengenai DAK di lingkungan Kementerian PUPR ini, diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 21/PRT/M/2017 tentang Petunjuk Operasional Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Kegiatan yang akan didanai melalui DAK harus mengusulkan, menyusun dan menyampaikan kriteria teknis untuk pengalokasian dan penggunaan dana DAK infrastruktur, menyusun dan menetapkan petunjuk teknis penggunaan DAK, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan DAK tersebut.

image2 image20

image22 image23

print
Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X