GNKPA – Selain Cegah Abrasi Pohon Mangrove Jadi Tempat Wisata

WhatsApp Image 2019-10-18 at 10.06.02

Penanaman pohon mangrove atau pohon bakau (16/10/ 2019) di Desa Pasir Kabupaten Mempawah merupakan salah satu aksi konkrit untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai, sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon, dan merawatnya. Pohon Mangrove mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga yang mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi sehingga dapat mencegah abrasi dan erosi. Selain itu keberadaan hutan Mangrove dapat menahan arus serta sedimen yang di bawa oleh gelombang. Penanaman pohon akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas, meningkatkan infrastruktur hijau, bukan sekedar sebagai objek fisik, melainkan juga menjadi tempat wisata dan pengembangan sosial-ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

BWS Kalimantan I bersama pihak-pihak yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA)  bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada DAS sehingga keandalan sumber-sumber air baik kualitas, kuantitas maupun kontinuitas airnya dapat dicapai melalui program pemerintah pusat dan daerah, dan melibatan dunia usaha, serta peran serta masyarakat.

Titik berat gerakan nasional itu ada pada kegiatan penataan ruang, penataan pembangunan fisik, penatagunaan tanah dan kependudukan, konservasi tanah dan air dan Konservasi budi daya air dan konservasi sumber daya air, pengendalian daya rusak air, pengelolaan lualitas air dan pengendalian pencemaran air, efesiensi dalam pengelolaan pemanfatan air dan pendayagunaan sumber daya air.

 

 

Penyerahan Secara Simbolis oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan I kepada Koramil Mempawah Hilir

 

Kegiatan Menaman Pohon Mangrove

 

WhatsApp Image 2019-10-18 at 10.06.02

Aksi Tanam Mangrove Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Ruang Terbuka Hijau dan Kawasan Hutan.

 

print
Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X