Penguatan Kemitraan Komunitas Peduli Sungai Dalam Bentuk Sanggar Sungai

WhatsApp Image 2019-11-19 at 10.06.51 (1) (Large)

Saat ini tumbuh rasa kepedulian masyarakat akan sungai, yang berbentuk wadah komunitas sungai dengan berbagai macam kepeduliannya misalnya peduli terhadap penataan lingkungan sungai, peduli terhadap kualitas air sungai/pencemaran, peduli terhadap pencegahan penyalahgunaan bantaran dan sempadan, sehingga muncul rasa memiliki terhadap sungai di lingkungannya.

Melalui tema Sanggar Cinta Tanah Dan Air Khatulistiwa, Balai Wilayah Sungai Kalimantan I melaksanakan Kegiatan Penguatan Kemitraan Komunitas Peduli Sungai Dalam yang dilaksanakan selama 2(dua) hari, Senin (11/11/2019) s.d Selasa (12/11/2019). Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemitraan antara Pemerintah dengan Komunitas Peduli Sungai dalam bentuk Sanggar Sungai.

Semua pihak diharapkan mendukung komunitas-komunitas sungai ini karena merupakan mitra pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pengelolaan sungai. Dan yang tidak kalah penting adalah masyarakat perlu diberikan penguatan pemahaman dan edukasi akan pentingnya potensi dan manfaat sungai karena akan menambah partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

Untuk para komunitas diharapkan agar dapat menularkan pengetahuannya dan menjadi inspirator terbentuknya komunitas-komunitas sungai pada ruas-ruas sungai yang lain sehingga tidak ada ruas-ruas sungai yang luput dari pengawasan, khususnya oleh para komunitas peduli sungai dalam rangka menjaga dan melestarikan air dan sungai. 

Kegiatan Penguatan Kemitraan Komunitas Peduli Sungai 2019

print

Bagikan :
FacebookTwitterGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X